RSS Feed

RANGKUMAN MATERI KARANGAN EKSPOSISI UNTUK UNIVERSITAS TERBUKA SOREANG (By. Marlia, S.Pd., M.Hum.)

RANGKUMAN MATERI KARANGAN EKSPOSISI

UNTUK UNIVERSITAS TERBUKA SOREANG

By. Marlia, S.Pd., M.Hum.

 

1.      Kata eksposisi berasal dari bahasa Inggris exposition yang berarti “membuka” atau “memulai”. Dan memang karangan eksposisi itu merupakan karangan yang bertujuan utama untuk memberitahu, mengupas, menguraikan, atau menerangkan sesuatu.

2.      Dalam karangan eksposisi masalah yang dikomunikasikan terutama adalah informasi.

3.      Hal/sesuatu yang dikomunikasikan terutama berupa: (a) data faktual, misalnya tentang suatu kondisi yang benar-benar terjadi atau bersifat historis, tentang bagaimana sesuatu bekerja (mesin, dll) dan tentang bagaimana suatu hal diperkenalkan; (b) suatu analisis atau suatu penafsiran yang objektif terhadap seperangkat fakta; dan (c) mungkin sekali berupa fakta tentang seseorang yang berpegang teguh pada suatu pendirian yang khusus, asalkan tujuan utamanya adalah untuk memberikan informasi.

4.      Tujuan karangan eksposisi semata-mata untuk membagikan informasi, dan tidak sama sekali untuk mendesak atau memaksa pembaca untuk menerima pandangan atau pendirian tertentu sebagai sesuatu yang benar.

5.      Supaya karangan eksposisi kita bertambah jelas, sering kita menyertakan gambar, denah, peta, dan angka-angka.

6.      Langkah-langkah penyusunan eksposisi: (1) menentukan topik karangan, (2) menentukan tujuan penulisan, dan (3) merencanakan paparan dengan membuat kerangka yang lengkap dan tersusun baik.

7.      Topik: pikiran, gagasan, atau ide yang menjadi pusat dan akan menjiwai seluruh eksposisi.

Tujuan penulisan eksposisi merupakan hal yang sangat penting, untuk menghindari meluasnya karangan.

Kerangka karangan: garis besar urutan hal-hal yang akan kita paparkan tentang tentang topik yang kita pilih, dengan kata lain merupakan rencana penataan materi karangan secara garis besarnya.

8.      Langkah-langkah penyusunan kerangka karangan: (1) mencatat semua gagasan dan memilihnya untuk dijadikan gagasan utama, (2) pengembangan pikiran utama dengan beberapa pikiran penjelas, (3) pengembangan pikiran penjelas dengan penjelasan yang lebih teliti atau detail yang diperlukan.

9.      Teknik pengembangan eksposisi: (1) teknik identifikasi, (2) teknik perbandingan, (3) teknik ilustrasi, (4) teknik klasifikasi, (5) teknik definisi, dan (6) teknik analisis (Keraf, 1983).

10.  Teknik Identifikasi adalah sebuah teknik pengembangan eksposisi yang menyebutkan ciri-ciri atau unsur-unsur yang membentuk suatu hal atau objek sehingga pembaca dapat mengenal objek itu dengan tepat dan jelas.

11.  Teknik Perbandingan : Mengemukakan uraian yang membandingkan antara hal-hal yang kita tulis dengan sesuatu yang lain. Perbandingan ini dapat dilakukan dengan menunjukkan persamaan-persamaan dan perbedaan-perbedaan antara keduanya.

12.  Tujuan Teknik Perbandingan : (1) memperkenalkan sesuatu yang baru yang belum diketahui pembaca dengan cara membandingkannya dengan sesuatu yang sudah diketahuinya, (2) memperkenalkan beberapa hal dengan menghubungkannya dengan prinsip-prinsip umum yang berlaku secara bersama. Prinsip-prinsip umum ini dipakai sebagai landasan untuk membandingkan hal-al yang dianggap belum diketahui pembaca, (3) menggunakan prinsip-prinsip umum atau gagasan umum dengan membandingkan hal-hal yang sudah diketahui pembaca

13.  Teknik perbandingan dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu : perbandingan langsung, analogi, dan perbandingan kemungkinan.

14.  Perbandingan langsung digunakan apabila kita ingin menjelaskan suatu hal dengan menunjukkan perbedaan dan persamaan antara hal yang kita jelaskan itu dengan hal lain secara langsung. Hal yang digunakan untuk membandingkan haruslah yang sudah dikenal pembaca.

15.  Analogi : Teknik perbandingan yang dilakukan dengan menyamakan hal yang kita jelaskan dengan hal lain.

16.  Perbandingan kemungkinan : Teknik perbandingan dengan mengemukakan bahwa sesuatu mungkin bisa terjadi dengan melihat sesuatu yang lain yang berkaitan dengannya bisa terjadi.

17.  Teknik ilustrasi : Teknik yang digunakan dengan menunjukkan contoh-contoh nyata, baik contoh-contoh untuk pengertian yang kongkret maupun contoh-contoh untuk  meggambarkan yang abstrak.

18.  Teknik klasifikasi : Pokok masalah yang majemuk dipecah atau diuraikan menjadi bagian-bagian, dan kemudian digolong-golongkan secara logis dan jelas. Menurut dasar penggolongan yang berlaku sama bagi tiap bagian tersebut.

19.  Teknik definisi : Teknik eksposisi terhadap arti kata-kata.

20.  Beberapa macam definisi yang bisa digunakan untuk mengembangkan karangan eksposisi : (1) sinonimdefinisi nominal (2) Definisi formal (3) definisi luas

21.  Teknik analisis : Cara memecahkan suatu pokok masalah. Suatu pokok masalah dipecah menjadi bagian-bagian yang logis.

22.  Macam-macam Teknik analisis : analisis proses, analisis sebab-akibat, analisis bagian, dan analisis fungsional

23.  Analisis proses : memaparkan proses sebenarnya, memberi penjelasan tentang bagaimana bekerjanya sesuatu, bagaimana terjadinya sesuatu, atau bagaimana membuat dan mengerjakan sesuatu

24.  Analisis sebab-akibat : Tiap-tiap peristiwa kita hubungkan satu dengan yang lain, untuk menelusuri sebab-akibatnya. Mengapa peristiwa itu terjadi? Apa sebabnya, dan apa pula akibatnya.

25.  Analisis bagian : Tipe analisis yang membagi suatu pokok masalah yang tunggal menjadi bagian-bagian berdasarkan aspek yang berbeda.

26.  Analisis fungsional merupakan lanjutan dari analisis bagian. Kalo analisis bagian berusaha memecah pokok maslaah ke dalam bagian-bagian yang saling berhubungan hingga membentuk suatu objek, maka analisis fungsional mengaitkan bagian-bagian itu dengan fungsinya terhadap keseluhan pokok masalah.

Mon, 3 Aug 2009 @20:11


7 Komentar
image

Tue, 24 Nov 2009 @14:27

nanang

Terima kasih banyak atas penjelasannya tentang karangan eksposisi. Karena dengan penjelasan tersebut sanagt membantu diri saya dalam mengerjakan tugas-tugas di kampus. Terima kasih banyak pada ibu marlia


marlia menjawab:
alhmdulillah, kalau memang web sederhana saya sudah membantu....terima kasih atas komentarnya...

image

Sun, 29 Nov 2009 @16:42

Amirah

Tlng kasih twu cnth e. Idntfksi donk

image

Sun, 6 Dec 2009 @14:24

adies

bu tankz yha taz penjlasan'y oya klo bisa tmbah contoh'y yha...

image

Thu, 31 Dec 2009 @06:57

AMRI_SUMATERA

Tlng dong penjelasan bagaimana karangan eksposisi yang baik dan benar..

image

Thu, 8 Apr 2010 @10:52

ANITA EKAWATI

gmn crx buat karangan ekposisi

image

Tue, 8 Jun 2010 @10:30

devoyz

tolong aku minta contoh eksposisi pengembangan ilustrasi....???bisa guk....??

image

Thu, 2 Dec 2010 @22:05

wahyu sinarningsih

bisa minta contoh dari teknik identifikasi


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 0+5+1

Welcome
image

MARLIA, S.Pd., M.Hum.

Kategori
Komentar Terbaru
  • fikri
    bu saya izin perbanyak ya...
  • iin
    teh abi izin copas janten...
  • iin
    teh abi izin copas janten...
  • widya
    teh, minta izin buat dija...
  • auliya
    Teh, boleh minta softcopy...
  • nuryani
    alhamduliilah, sangat mem...
  • rahma
    tolong bantu saya menyusu...
  • Dudi
    Teh, nyungkeun idin kangg...
  • ian lettu
    thanks........
  • bambang
    bagus jg isinya, jempol a...
Arsip

 

Copyright © 2014 Marlia Rachman, S.Pd., M.Hum · All Rights Reserved